Terlaris

Brand

4 Keutamaan dan Khasiat Astagfirullahaladzim

4 Keutamaan dan Khasiat Astagfirullahaladzim

4 Keutamaan dan Khasiat Astagfirullahaladzim

Sebagai manusia yang penuh dosa kita harus senantiasa beristighfar kepada Allah dan memohon ampun kepada Allah. Istighfar yang kita amalkan bisa menghapus dosa kita juga memiliki keutamaan yang sangat luar biasa bagi kita yang mengamalkannya. Kita akan mendapatkan banyak keutamaan jika kita mengamalkan bacaan astagfirullahaladzim setiap harinya.

Disamping itu hati kita akan menjadi tenang dan tentram karena hanya dengan mengingat Allah hati kita akan menjadi tentram. Berikut beberapa khasiat dan keutamaan dari istighfar:

1. Bisa Jadi Penghapus Dosa dan Memberi Jaminan Surga

Sebagai manusia kita tidak pernah terlepas dari dosa, disadari atau tidak, disengaja atau tidak kita pasti melakukan dosa tersebut. Padahal melakukan dosa adalah prilaku mendzalimi diri sendiri dan suatu kebodohan yang tidak kita sadari. Sehingga kita membutuhkan ampunan dari Allah SWT, dengan memperbanyak istighfar:

أستغفر الله العظيم

Astagfirullahaladzim

Bahkan tidak sedikit ayat yang menjelaskan dan memerintahkan kita untuk selalu memohon ampun untuk menghapus dosa-dosa kita sehingga kita selamat dari api neraka.

“Setiap anak cucu Adam pasti pernah berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang bersalah ialah orang yang banyak bertaubat.” (HR. at-Tirmidzi, hasan)

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَن يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَىٰ مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ ، أُولَٰئِكَ جَزَاؤُهُم مَّغْفِرَةٌ مِّن رَّبِّهِمْ وَجَنَّاتٌ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ وَنِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzhalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui. Balasan bagi mereka ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Dan (itulah) sebaik-baik pahala bagi orang-orang yang beramal.” (QS. Ali Imran: 135 – 136)

Seeorang yang istiqomah beristigfar, memohon ampun kepada Allah akan dijamin akan masuk surga serta dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barang siapa yang membacanya disiang hari dengan meyakininya, kemudian mati sebelum malam, maka ia termasuk ahli surga. Dan barang siapa yang membacanya disore hari sementara ia meyakininya, lalu meninggal sebelum pagi hari maka ia termasuk ahli surga” (HR. Bukhari)

Manusia yang membaca istighfarakan membuat Allah gembira, dengan kita menyampaikan kabar gembira kepada Allah SWT maka Allah SWT pun akan mencintai kita.

“Sungguh, Allah lebih gembira dengan taubat hamba-Nya daripada kegembiraan salah seorang dari kalian yang menemukan ontanya yang hilang di padang pasir.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Bisa Membersihkan Hati, Melancarkan Rezeki, dan Melapangkan Kesempitan

Selalu merasa sedih, merasa sempit dikaranakan kita jauh dari Allah sehingga kebahagiaan dan kesempitan akan jauh dari kita.

Jika hati kita sedih dan susah atau ketika mencai rezeki sulit diakrenakan suasana hati tidak mendukung dalam menyelesaikan pekerjaan yang kita selesaikan.

Jika hati kita menjauh dan hat kita akan semakin susah secara fisik maupun batin.

Maka dari itu kita harus bertaubat dengan memperbanyak istigfar kepada Allah sehingga batin kita tenang dan bersih dan bisa menjalani kehidupan dengan hati serta jiwa yang lapang.

Jika hati kita sudah bersih maka hati kita akan merasa bahagia dan mencari rezeki pun lebih gampang sebab kita benar-benar bersemangat untuk menjalani kehidupan dan mencari rezeki.

“Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka,” (HR.Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

”Apabila seorang mukmin melakukan suatu dosa, maka tercoretlah noda hitam di hatinya. Apabila ia bertaubat, meninggalkannya dan beristighfar, maka bersihlah hatinya.” (HR. Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Tirmidzi)

3. Gempang Mendapat Keturunan yang Sholeh/Sholehah

Para ilmuan kesehatan juga menjelaskan bahwa faktor yang mengambar dan menggangu keseburuan baik laki-laki atau pun perempuan adalah faktir stres.

Dengan memperbanyak beristighfar maka akan memberikan ketenangan didalam hati dan pikiran sehingga bisa membantu kesuburuan pria mau pun wanita ketika melakukan program hamil.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا ، يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا ، وَيُمْدِدْكُم بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَارًا

“… mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.” (QS. Nuh: 10-12)

4. Mendapat Kekuatan Dari Allah Saat Menghadapi Masalah

Keutamaan lain dari istighfar bagi orang sering membacanya, akan mendapat pertolongan dari Allah, selain itu akan memberi kekuatan bagi yang istiqomah mengamalkan istighfar ini.

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَىٰ قُوَّتِكُمْ وَلَا تَتَوَلَّوْا مُجْرِمِينَ

“Dan (Hud berkata), “Wahai kaumku! Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras, Dia akan menambahkan kekuatan di atas kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling menjadi orang yang berdosa”.” (QS. Hud: 52)

Syaikh Dr. Abdullah As-Sadhan menjelaskan yang dimaksud dengan kekuatan yang dikatakan adalah kekuatan yang bersifat umum seperti kesehatan, akal pikiran dan termasuk syahwat.

Demikianlah penjelasan tentang keutamaan dan manfaat mengucapkan astagfirullahaladzim, semoga istiqomah beristigfar kepada Allah.

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code