Terlaris

Pentingnya Menjaga Wudhu

 

 

 

Pentingnya Menjaga Wudhu

Wudhu artinya bersih dan indah. Wudhu juga merupakan syarat sahnya sholat, orang yang akan melaksanakan sholat wajid untuk melakukan wudhu terlebih dahulu, tanpa berwudhu shalatnya tidak akan sah. Memang wudhu terlihat amalan yang ringan, namun pengaruhnya luar biasa. Selain dapat menghapuskan dosa kecil, wudhu juga dapat mengangkat derajat dan kedudukan seseorang dalam surga. Seperti sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam,

“Maukah kalian aku tunjukkan tentang sesuatu (amalan) yang dengannya Allah menghapuskan dosa-dosa, dan mengangkat derajat-derajat?” Mereka berkata, “Mau, wahai Rasulullah!!” Beliau bersabda, “(Amalan itu) adalah menyempurnakan wudhu’ di waktu yang tak menyenangkan, banyaknya langkah menuju masjid, dan menunggu sholat setelah menunaikan sholat. Itulah pos penjagaan”. [HR. Muslim (586)]

Jika kita dapat menjaga wudhu, akan ada manfaat yang didapat diantaranya :

1. Wudhu Bisa Menjadi Penghapus Dosa

 

Jika seorang hamba Muslim atau Mukmin berwudhu lalu membasuh wajahnya, akan keluar dari wajahnya setiap dosa yang dilihat dengan kedua matanya bersamaan dengan keluarnya air atau tetesan air yang terakhir.

Jika dia membasuh tangannya, akan keluar dari kedua tangannya setiap dosa yang pernah dilakukan oleh kedua tangannya itu bersamaan dengan air atau tetesan air yang terakhir.

Jika dia membasuh kedua kakinya, akan keluar setiap dosa yang pernah dilakukan oleh kedua kakinya bersamaan dengan air atau tetesan air yang terakhir, sehingga dia akan keluar dalam keadaan benar-benar bersih dari dosa. (Diriwayatkan oleh Muslim, no. 224).

2. Wudhu adalah Jalan Menuju Syurga

Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda kepada Bilal ketika sholat Fajar, “Wahai Bilal, ceritakan kepadaku tentang amalan yang paling engkau harapkan pahalanya sejak engkau memeluk Islam! Sesungguhnya aku mendengarkan bunyi kedua sandalmu di depanku di dalam surga.

Bilal menjawab, Aku tidaklah mengerjakan suatu amal yang paling aku harapkan pahalanya, selain dari pada setiap kali bersuci, baik di waktu malam atau siang, aku selalu mengerjakan sholat semampu saya. (Hadits shohih. Diriwayatkan oleh al-Bukhori, no. 1149 dan Muslim, no. 6274).

3. Wudhu yaitu Separuh Iman

Bersuci (wudhu) adalah separuh dari iman. (Ucapan) alhamdulillaah memenuhi timbangan, (ucapan) subhanallaah wal hamdulillaah keduanya memenuhi (ruang) antara langit dan bumi.

Shalat itu cahaya, shadaqah itu adalah bukti, sabar adalah sinar, dan Al-Qur’an itu hujjah (pembela) bagimu atau hujatan atasmu. Setiap orang pergi untuk menjual dirinya, lalu ada yang membebaskan dirinya dan ada pula yang membinasakan dirinya. (Hadits shohih. Diriwayatkan oleh Muslim, no. 223)

Demikian pentingnya menjaga wudhu, masih banyak lagi sebenarnya yang didapat dari menjaga wudhu itu sendiri. Semoga kita senantiasa terjaga atas wudhu kita, aamiin. Semoga bermanafaat.