Terlaris

Inilah Keutamaan Shalat Tepat Waktu

Inilah Keutamaan Shalat Tepat Waktu

Jangan sampai kita shalat sekadar memenuhi kewajiban saja, dilakukan asal-asalan, di akhir waktu pula, karena sesungguhnya ada banyak keutamaan melaksanakan shalat dengan sempurna rukun-rukunnya dan di awal waktu, lebih baik lagi jika dilakukan secara berjamaah di masjid khususnya bagi yang laki-laki.

Berikut ini beberapa keutamaan shalat tepat waktu yang perlu kita ketahui untuk memotivasi mempraktikkannya, semoga Allah mudahkan kita selalu shalat tepat di awal waktunya:

1. Shalat tepat waktu dicintai Allah melebihi berbakti pada orangtua dan berjihad

Mengaku mencintai dan ingin dicintai Allah tapi masih suka mengulur-ulur waktu shalat sama saja seperti berdusta, karena shalat tepat waktu merupakan amalan yang paling dicintai Allah.

"Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah Shalat pada waktunya, Berbakti kepada kedua orang tua, dan Jihad di jalan Allah.” (HR Bukhari & Muslim).

2. Allah menjanjikan surga

Jika kita bisa menjaga waktu shalat yakni shalat tepat di awal waktunya, maka Allah berjanji akan memasukkan ke dalam surgaNya. Sebaliknya, orang yang tak peduli pada waktu shalatnya tidak akan mendapatkan janji Allah tersebut.

Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib’iy mengabarkan kepadanya bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Allah Ta’ala berfirman: " ‘Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu shalat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan".

3. Bergugurnya dosa-dosa

Orang yang shalat tepat waktu berarti telah memprioritaskan Allah dan mengikhlaskan dirinya menghadap Allah di waktu terbaik, oleh sebab itu orang yang menghadap Allah dengan ikhlas seperti ini akan digugurkan dosa-dosanya sebagaimana gugurnya dedaunan dari pohonnya.

“Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan shalat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya” (HR. Ahmad).

4. Pahala kebaikan yang amat besar

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “…Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan barisan (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala shalat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak.” (HR. Bukhari)

5. Memperoleh 9 macam kemuliaan

Utsman bin ‘Affan RA berkata; “Barang siapa selalu mengerjakan shalat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan memuliakannya dengan sembilan macam kemuliaan, yaitu :

Dicintai Allah

Badannya selalu sehat;

Keberadaannya selalu dijaga malaikat;

Rumahnya diberkahi;

Wajahnya menampakkan jati diri orang shalih;

Hatinya dilunakkan oleh Allah;

Dia akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat;

dia akan diselamatkan Allah dari api neraka; dan Allah Akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati

6. Patut menjadi rujukan ilmu

Abul Aliyah mengatakan, “Aku akan bepergian beberapa hari untuk menemui seseorang, dan yang pertama kali akan kulihat darinya yaitu shalatnya. Jika ia mendirikan shalat dengan sempurna dan tepat waktu, maka aku akan bersamanya, dan mengambil ilmu darinya. Jika kutemukan ia tidak mempedulikan shalat, maka aku akan meninggalkannya dan mengatakan kepada diriku bahwa selain daripada itu (shalat), pastilah dia lebih tidak peduli lagi.”

 

Sumber: ummi-online.com