Terlaris

Hijrah Itu Berproses dan Berprogres, Maka Ajaklah Mereka Dengan Kesan Tidak Memaksa Tapi Melekat di Hati

Hijrah Itu Berproses dan Berprogres, Maka Ajaklah Mereka Dengan Kesan Tidak Memaksa Tapi Melekat di Hati

Hijrah itu berproses dann berprogres, maka ajaklah mereka dengan kesan tidak memaksa tapi melekat dihati. Bagaimana caranya? Yaitu mengajaknya jangan dengan bahasa yang nyiyir, teapi ajaklah dengan penuh kerendahan hati, agar ia tak hanya mendengarkan bila diajak menjadi lebih baik, tetapi tersentuh hatinya.

 

Jangan Sampai Ketika Mereka Menginjak Titik Awal Hijrah, Kita Serta Merta Men-Judge Hijrah Mereka Seakan-Akan Belum Sempurna Dan Harus Sempurna Saat Itu Juga

 

Jangan sampai ketika mereka menginjak titik awal hijrah, kita serta merta men-judge hijrah mereka seakan-akan belum sempurna dan harus sempurna saat itu juga.

 

Karena, menuju keadaan yang lebih baik itu memang butuh yang namanya proses dan progres, maka jadilah kamu diantara yang memberi progres baik padanya, agar hijrahnya benar-benar terarah dengan baik.

 

Berilah Mereka Pemahaman Lewat Hati Bukan Dari Keegoisan Diri, Agar Mereka Tidak Merasa Terbebani Dengan Syarat Dan Ketentuan Islam

 

Berilah mereka pemahamn lewat hati bukan dari keegoisan diri, agar mereka tidak merasa terbebani dengan syarat dan ketentuan islam. Sebab, bila kau lunakkan dulu hatinya secara perlahan dengan sebuah pemahaman, maka mereka akan mengerti tujuan dari hijrah itu seperti apa dan bagaimana.

 

Buktikanlah Bahwa Kau Mampu Mengajaknya Menjadi Lebih Baik Tanpa Harus Melukai Hati Dan Perasaannya

 

Buktikanlah bahwa kau mampu mengajaknya menjadi lebih baik tanpa harus melukai hati dan perasaannya. Karena tak jarang kita temui diantara kita yang mengajak menjadi lebih baik kepada orang lain dengan bahasa yang kasar dan bahkan dia hanya menyuruh, tetapi tidak dengannya sendiri.

 

 

Karena Jika Kita Men-Judge, Maka Bisa Jadi Mereka Baper Dan Nyerah Untuk Meneruskan Hijrahnya

 

Karena jika kita men-judge, maka bisa jadi mereka baper dan nyerah untuk meneruskan hijrahnya, sebab apa? Sebab mereka merasa bahwa perubahan menjadi lebih baik yang kau tawarkan adalah beban.

 

Padahal, bila kau sampaikan dengan baik dan bijak, tentu hati merekapun akan mendengarkan secara bijaksana pula. Insya Allah…

 

Karena Mereka Tidak Butuh Sindiran Tapi Tarbiyah, Yaitu Tuntunan Untuk Menjadi Lebih Baik

 

Karena mereka tidak butuh sindiran dalam menjadi lebih baiknya, tetapi tarbiyah, yaitu tuntunan untuk menjadi lebih baik. Maka, usahakanlah saat mengajak orang lain hijrah pada kebaikan.

 

Tuntunlah ia dengan memberinya contoh yang baik dan dengan pemahaman yang baik pula terlebih dahulu, serta jangan men-judge proses hijrahnya bila menurutmu ia belum spenuhnya baik, sebab benar-benar menjadi baik itu memang butuh yang namanya perjuangan.