Terlaris

Orang Tua Mendapatkan Pahala Karena Kebaikan Anaknya

 

Dari sahabat Abu Hurairah ra, ia berkata Rasulullah saw bersabda “Sesungguhnya Allah yang Maha Gagah dan Maha Mulia sungguh mengangkat derajat hamba shalih di surga. Maka hamba yang shalih bertanya, ‘Wahai Tuhan, dari mana saya memperoleh ini?’ Allah menjawab, ‘Dengan (dari) istighfar anakmu untukmu.’”

 

Derajat Hadits: Hasan

 

Rawi Hadits:

 

 

Ahmad dalam Musnadnya (2/509) mengatakan, telah menceritakan kepadaku Yazid, saya Hamad bin Salamah, dari Ashim bin Nujud dari Abu Shalih, dari Abu hurairah. Semua rawinya kepercayaan, kecuali Ashim bin Nujud, ia berhalusinasi. Kata Hafidz dalam At taqrib. Haitsaami dalam Majmauz Zawaid (10/210) berkata, “Ahmad dan Thabarani dalam Al-Aushat. Para rawi mereka shahih semua, kecuali Ashim bin Badhalah, ia itu kepercayaan.

 

Penjelasan:

 

Kesimpulan hadits ini bahwa seorang hamba muslim wajib mendo’akan kedua Orang Tuanya dengan memohonkan ampun untuk Mereka hingga menyebabkan derajat kedua Orang Tuanya diangkat di Surga. Dengan begini ia tetap berbuat baik kepada Mereka walaupun sesudah dia meninggal. Dan telah tersebut dalam Hadits Abu Hurairah yang marfu’, “Bila Anak Adam telah meninggal putuslah amalnya, kecuali 3 Perkara : Sedekah Jariyah atau Ilmu yang diambil manfaatnya (oleh orang lain) atau anak shalih yang mendoakan kedua orang tuanya.”