Terlaris

Inilah Waktu dan Tempat yang Disunnahkan Untuk Berdoa

 

Inilah Waktu dan Tempat yang Disunnahkan Untuk Berdoa

Ada beberapa waktu dan tempat yang disunahkan untuk berdoa, di antaranya adalah:

 

Waktu sepertiga malam dipilih sebagai waktu yang baik untuk berdoa, sebagaimana sabda Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam, “Sesungguhnya Allah turun ke langit dunia dan mengabulkan doa orang yang berdoa dan memohono kepada-Nya, “Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku maka Aku kabulkan untuknya, dan barangsiapa yang memohon kepada-Ku maka Aku memberinya, dan barangsiapa yang meminta ampunan-Ku maka Aku mengampuninya.”

Demikian juga doa setelah salat wajib yang langsung dilakukan setelah mengucapkan salam dan bukan ketika mengakhiri salat, sebagaimana yang dilakukan oleh sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian orang.

Doa ketika azan dan iqamat, karena doa diantara keduanya tidak akan ditolak. Begitu pula ketika bertemu.

Doa pada hari Jum’at, karena di dalamnya terdapat waktu yang apabila seorang hamba berdoa kepada Allah, Dia mengabulkannya dan apabila memohon kepada-Nya, Dia memberinya.

Doa ketika sujud, karena saat paling dekat seorang hamba dengan Tuhannya adalah ketika sujud sebagaimana dinyatakan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Doa ketika minum air zam-zam.

Doa orang yang berpuasa ketika berbuka di bulan Ramadhan dan selain di bulan Ramadhan.

Adapun beberapa tempat yang dikabulkan doanya adalah doa pada hari arafah, ketika hari haji yang paling besar dan ketika menghadap Ka’bah, melontar jumrah sugra dan jumrah wusta, berdoa di dalam Ka’bah, di bukit Shafa dan Marwah, berada di Mas’aril Haram, dan ketika berada di Multazam.

 

Ada beberapa kondisi orang yang dikabulkan doanya, seperti orang sakit, orang yang sedang dalam perjalanan, pemimpin yang adil, doa kedua orangtua, doa orang yang dizalimi, doa orang yang berada dalam kesusahan, dan doa seorang muslim untuk saudara muslim lainnya. [Syahida.com]

 

 

Sumber: Agar Doa Dikabulkan Allah, Manshur Abdul Hakim

Sumber: syahida